Peran Nabi Muhammad SAW Dalam Pembangunan Ka'bah

Sebelumnya Kumpulan Sejarah telah membahas sejarah berdirinya ka'bah kepada sobat semua. Nah, kali ini kita akan masih ngomongin seputar bangunan yang menjadi kiblatnya umat muslim sedunia, yaitu bagaimana Peran Nabi Muhammad SAW Dalam Pembangunan Ka'bah itu sendiri. Seberapa besar peranan Nabi Muhammad ? Buat sobat yang penasaran silahkan simak artikel berikut ini.

Seperti yang sama-sama kita ketahui, Ka’bah pernah ditimpa bencana berkali-kali yang mengakibatkan temboknya menjadi retak dan rapuh. Diantaranya adalah musibah banjir besar yang menerjang kota Mekah yang terjadi selang beberapa tahun sebelum Rasulullah SAW diutus. Karena kerusakan ka’bah yang semakin bertambah, akhirnya dengan penuh antusias orang-orang Quraisy membangun ka’bah, sebagai rasa penghormatan dan pensucian terhadap ka’bah. Karena memuliakan dan mengagungkan ka’bah adalah merupakan sisa dari syari’at Nabi Ibrahim as yang masih dijaga oleh bangsa arab.
Dalam pembangunan Ka’bah ini, Rasulullah SAW juga memiliki andil besar. Hanya dengan mengenakan selendang, beliau meletakkan batu-batu di atas pundaknya dan mengangkutnya . Saat itu usia beliau adalah 35 tahun.
Dalam sebuah kitab Shohih Bukhori, sahabat Jabir ra menceritakan bahwa “ketika ka’bah masih dibangun, Rasulullah SAW dan paman beliau Abbas ikut serta mengangkut batu-batu, Abbas berkata kepada Nabi, ”letakkan selendangmu diatas lehermu!” Rosulullah SAW pun membungkuk sedangkan kedua mata beliau mengarah ke langit, Rosulullah SAW berkata ’’mana selendangku?” hingga akhirnya Nabi Muhammad SAW mengikatkan selendang beliau dengan tubuh beliau.
Nabi Muhammad SAW juga memiliki andil besar dalam menyelesaikan masalah yang timbul akibat munculnya perselisihan antar suku, mengenai orang yang paling layak menempatkan batu hajar aswad pada tempatnya. Namun berkat solusi yang ditawarkan oleh
Nabi Muhammad SAW akhirnya mereka semua setuju, karena mereka semua tahu bahwa Nabi Muhammad SAW adalah orang yang dicintai banyak orang yang sangat amanah hingga beliau mendapat julukan Al Amin atau orang yang dapat dipercaya.

Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai Peran Nabi Muhammad SAW Dalam Pembangunan Ka'bah. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat semua sebagai umat muslim serta menambah kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Nabi Muhammad SAW Dalam Pembangunan Ka'bah"

Posting Komentar