Sejarah Awal Munculnya Blog

Secara umum Blog merupakan sebuah wadah atau tempat yang digunakan oleh pengguna internet untuk memuat halaman web yang dapat diisi dengan berbagai tulisan dalam format teks yang bisa disisipi gambar, video, dan disajikan sebagai bentuk informasi. Untuk membuat Blog ada beberapa Platform yang biasa digunakan diantaranya yang paling populer saat ini yaitu menggunakan Blogspot yang merupakan platform gratisan dari Google. Selain itu juga bisa menggunakan Wordpress, dan masih banyak platform lainnya yang bisa digunakan.
Bicara mengenai fungsi blog sangat banyak sekali yang dapat dirasakan sampai saat ini, dari yang mulanya hanya sebagai tempat wadah online untuk menulis berbagai hal berupa catatan atau curhatan dari seorang blogger, namun kini blog banyak dijadikan sebagai sarana berpromosi yang ampuh dan juga bisa menjadi sumber pendapatan uang yang berlimpah dengan cara memasang iklan dan lain sebagainya.
Nah, Pada kesempatan kali ini Kumpulan Sejarah akan memberikan informasi kepada Sobat semua mengenai Sejarah Awal Munculnya Blog. Berikut informasi yang telah admin rangkum dari beberapa sumber.
Sejarah Blog
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
Dikutip dari askorus.blogspot.com mengenai Sejarah Awal Munculnya Blog pada awalnya diperkenalkan dan menjadi populer nama weblog oleh Jorn Barger pada tahun 1997, lalu untuk nama blog sebagai kependekan dari weblog diprakasai oleh Peter Merholz pada tahun 1999. Blog saat ini dijadikan sebagai diary pribadi ataupun juga media informasi dan juga tempat berbagi berbagai hal baik itu informasi ataupun tempat berkumpul di dunia online untuk berbagai sesuatu sesama blogger dan pengguna internet. Maka munculah berbagai jenis blog secara lebih detail seperti blog pribadi atau personal, blog media berita dan hiburan dan juga ada blog pendidikan, blog bisnis dan lain sebagainya.
Di Indonesia sendiri, awal perkembangan blog dimulai sekitar tahun 2000an. Saat itu blog mulai diperkenalkan oleh para pelajar yang berkuliah diluar negeri yang pulang ke Indonesia dan membawa blog universitas yang dimilikinya sewaktu berkuliah dulu. Mulai tahun 2004, jumlah blogger di Indonesia terus bertambah hingga sekarang ini.
Mungkin sekian informasi singkat yang dapat admin berikan buat Sobat semua, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan dan dapat menambah pengetahuan Sobat semua mengenai dunia Blog.
Referensi :
http://besoklagiaja.blogspot.com/2013/04/sejarah-blog.html
http://askorus.blogspot.com/2013/03/pengertian-blog-dan-sejarah-blog.html
http://panduan-belajar-blog.blogspot.com/2011/01/sejarah-munculnya-blog.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Awal Munculnya Blog"

Posting Komentar